ASSALAMU'ALAIKUM WAROHMATULLOHI WABAROKAATUH

Thursday, March 11, 2010

PEMANDIAN AIR PANAS DAN AIR TERJUN GUCI, TEGAL


Guci merupakan obyek wisata yang berada dikaki gunung slamet yang tepatnya ada di daerah, tegal. Persisnya di Kecamatan Bumijawa, Tegal. Daerahnya sangat subur dan mempunyai udara yang sangat sejuk. Di obyek wisata Guci ini yang sangat terkenal adalah pemandian air panasnya.
Sewaktu akan memasuki obyek wisata ini akan melewati pemandian air panas Guci yang sangat sejuk dan asri. Di daerah Guci juga terdapat sekitar 10 air terjun. Di bagian atas pemandian umum pancuran 13 lokasinya sekitar 1 km. Terdapat air terjun yang airnya dingin dan dinamakan dengan air terjun Jedor. Konon ceritanya, karena dulu tempat di sekitar air terjun itu setinggi 15 meter adalah milik lurah bernama Jedor.
Obyek wisata ini akan sangat ramai di kunjungi orang biasanya pada malam jum'at kliwon. Konon kepercayaannya bila mandi jam dua belas malam memohon sesuatu akan di kabulkan, dan mitos ini dipercaya turun temurun.
Disamping itu, juga ada pemandian air panas yang airnya asli dari sumber mata air terjun yang airnya panas dan mengandung belerang. Walaupun demikian airnya tidak berbau belerang sedikitpun. Air panas ini berkhasiat untuk mengobati penyakit kulit, seperti gata-gatal, panu, kadas, kurap, dan lain sebagainya.
Selain itu Anda bisa mengelilingi daerah sekitar obyek wisata Guci itu dengan menikmati alam yang sangat indah. Banyak juga sayur-sayuran segar yang dijual dan bisa menjadi oleh-oleh pulang nanti. Bila Anda cape mengelilingi dengan berjalan kaki, Anda bisa menyewa kuda dengan tarif yang relatif murah.
Alamnya sangat asri dan sejuk, apalagi untuk berfoto bersama keluarga atau sahabat-sanabat kita. Sayang sekali bila Anda belum pernah mengunjungi tempat obyek wisata Guci ini. Tua muda, anak dewasa, kaya miskin, siapa saja boleh mengunjunginya. Ada juga tempat penginapan, ada yang murah juga ada yang lebih mahal. Tergantung selera Anda untuk memilih.

No comments:

Post a Comment